Mahasiswa KKN-36 UTM Bantu Atasi Permasalahan Air Bersih Menggunakan TTG Filterisasi Air di Desa Kombang

 Mahasiswa KKN-36 UTM Bantu Atasi Permasalahan Air Bersih Menggunakan TTG Filterisasi Air di Desa Kombang



(30/12/2023) Sumenep - Sedikitnya jumlah sumur bor di dusun Galisek Laok, desa Kombang mengandung bau belerang sehingga air disana dirasa tidak layak untuk digunakan apalagi untuk dikonsumsi. hal tersebut dikarenakan kondisi wilayah yang berada di pulau talango yang mengandung minyak dan belerang, meskipun masyarakat telah berupaya melakukan pengeboran sumur, sumber air tetap mengandung bau belerang dan tidak layak untuk digunakan saat ini kebutuhan air bersih untuk MCK (Mandi, Cuci, dan Kakus)  terpaksa masih menggunakan air yang mengandung belerang, sedangkan kebutuhan air untuk makan dan minum menggunakan air mineral. 

Oleh karena itu, diperlukan alternatif lain untuk membantu ketersediaan air bersih yaitu dengan menggunakan filterisasi air sederhana yang dapat menyaring bau dan kotoran termasuk bau belerang menjadi air layak pakai untuk MCK (Mandi,Cuci,Kakus). Filter air ini dapat digunakan untuk mengelola air dari sumur bor yang mengandung belerang menjadi air layak pakai dengan cara penggunaan dan perangkaian yang mudah. Air yang ditampung dari tandon hasil dari sumur bor kemudian dialirkan menuju filter air dengan tiga lapis filter yang pertama yaitu filter 0,5 untuk menyaring kotoran kasar, kemudian filter 0,1 untuk menyaring kotoran lembut, kemudian filter penyaring bau untuk menyaring bau belerang yang terkandung pada air, sehingga didapat air layak pakai dan langsung dialirkan ke masyarakat untuk digunakan. 

Namun, air olahan ini masih belum dapat dikonsumsi sebagai air minum karena belum melalui proses kimia, sehingga kandungan belerang dalam air tersebut belum bisa sepenuhnya hilang. Cara merangkai filter air yaitu sebagai berikut:
  1. siapkan pipa paralon dengan panjang 15cm umtuk menyambung antara filter dengan pipa dari saluran tandon air
  2. siapkan pipa L untuk menyambung belokan dari saluran tandon ke filter air
  3. rekatkan sambungan pipa tersebut menggunakan lem
  4. buka kran air dari saluran tandon untuk mencoba melihat hasil air yang keluar dari filter


program ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk MCK. program ini bisa membantu menghemat biaya warga dusun Galisek laok untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

0 Comments:

Posting Komentar